Saturday 17 March 2012

Rechtvaardigheid

Rechtvaardigheid... Kata pemantik setiap jiwa untuk berjuang


Rechtvaardigheid... Kata pengusik setiap raga untuk bergerak


Rechtvaardigheid... "Keadilan"





Realita kehidupan memaksa kita untuk dapat belajar memahami arti sebuah perbedaan. Perbedaan dari suatu persepsi dan proses berpikir. Hal yang mungkin secara definisi dan pengertian seakan mudah untuk dicari. Sangat mendasar, namun hanya sedikit yang mampu memahami keberadaannya.

Memaknai sebuah perbedaan dan keanekaragaman persepsi dari manusia adalah hal mendasar dalam membangun sebuah keadilan. Keadilan bukanlah hal yang tercipta dengan sendirinya, bukan cuma implementasi sebuah program maupun kebijakan. Bukan hanya kesamarataan, menanggung dosa yang sama, menjadi kaya yang sama, atau bahkan peluh dan keringat yang berjumlah sama. Lebih jauh, bahwa keadilan timbul dari proses berpikir dan kesepakatan dari persepsi yang ada pada sebuah tatanan masyarakat. 

Namun kenyataannya pihak dominan dan punya kekuatanlah yang akan menentukan sejauh mana keadilan akan terbentuk. Sejauh mana keadilan menjadi pedang bermata dua bagi kaum - kaum tertindas. Dan sejauh mana keadilan dapat mengangkat atau menghinakan derajat manusia.

1 comment:

  1. ngeri yaa blog maneh yok
    lagi blogwalking, eh nemu harta karun cem ginian haha

    dan aing baru inget lagi ttng makna Rechtvaardigheid ketika baca tulisan ini. mantap!

    social rechtvaardigheid, sepertinya yg Soekarno bilang. utopis memang, tapi cita-cita besar mungkin mesti begitu *asalngomong

    ReplyDelete

Kaderisasi KM-ITB

Ketika selesai menjalankan amanah sebagai Menteri Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) KM-ITB periode 2012-2013, saya sering mendapatk...